Jumat, 15 Maret 2013

Info Tentang batery laptop


kalo ngomongin soal batere, baik itu laptop, notebook, netbook, ataupun hp. pastilah kita berusaha sebaik2nya agar baterenya bisa awet umurnya. tapi sekarang saya mau bahas tentang tekhnologi yg mampu menambah umur batery pada PC (laptop, notebook, netbook).

alkisah di negeri antahbaratah.......... hehehhehehe



seorang mastah Thinkpad (salah satu jenis laptop merk LENOVO) berbicara :


"Berdasarkan pengalaman ane menggunakan battery, ada tiga hal yang membuat baterai cepat ngedrop, yaitu:

1. Cycle Count (CC). Baterai yang belum pernah dipakai memiliki nol CC. Dan angka CC pada baterai akan terus bertambah seiiring digunakannya laptop dalam kondisi unplugged (tanpa terhubung AC). Satu CC adalah siklus dari 1x FULLY charged yang dilanjut dengan 1x FULLY discharged. CC juga akan bertambah oleh adanya akumulasi beberapa kali PARTIAL discharge sehingga akan terhitung 1x FULLY discharged.

2. Panas (heat). Sel-sel yang ada di baterai akan cepat aus jika baterai berada dalam temperatur tinggi. Itu sebabnya banyak orang yang menyarankan untuk menyimpan baterai di kulkas (freezer/fridge).

3. Selalu ngefull di 100% (topping-off). Baterai dengan kondisi 100% memang berguna ketika kita membutuhkan waktu unplugged lama, tetapi hal ini justru bisa menyebabkan baterai cepat ngedrop.

Beruntunglah kita yang memakai ThinkPad, karena cuma ThinkPad yang memiliki fitur Charge Threshold (ane udah cek laptop non-ThinkPad, dan gak ada satu pun laptop non-ThinkPad yang memiliki fitur ini). Threshold ini sangat bermanfaat untuk memperpanjang umur baterai.







Charge Threshold memiliki dua parameter:

1. Batas bawah. Baterai akan di-charge apabila kurang dari batas bawah, dan di-charge hingga batas atas. Apabila baterai masih berada lebih dari batas bawah, maka baterai tidak akan di-charge.

2. Batas atas. Merupakan batas maksimal charge.

Sebagai contoh:
Dengan asumsi batas bawah 70%, batas atas 90%.

- Pada saat baterai berada di posisi 80%, maka baterai tidak akan di-charge, karena belum turun menyentuh batas bawah (70%), sehingga tidak akan di-charge.

- Pada saat baterai berada di posisi 60%, maka baterai akan di-charge hingga menyentuh batas atas (90%). Dan ketika baterai sudah menyentuh 90%, maka baterai akan berhenti charging.









Settingan di atas adalah settingan Charge Threshold ane di Power Manager. Hasilnya, sudah 8 bulan tetapi CC hanya bertambah 37. Pas masih baru, kapasitas full charge 82.80 Wh, dan sekarang jadi 81.85, berarti cuma turun 0.95 Wh (dalam waktu 8 bulan!)


Selain itu, baterai juga jadi gak panas, karena baterainya gak pernah mentok full di 100%. Dulu pas baterai baru beli, laptop ane bisa bertahan sampe 6 jam tanpa undervolt. Sekarang dengan kondisi sudah 37 CC, malah bisa 6,5 jam dengan undervolt.

note: baterainya pake original IBM 9-cell Panasonic (bukan compatible battery lho), thanks to agan Lexicon"



sayangnya saat ini tekhnologi ini hanya digunakan oleh LENOVO (Thinkpad)


copas by Battery Charge Threshold (Indonesian Thinkpadder Community)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tunjukan Kemampuan Pada Dunia Senja DC